Make your own free website on Tripod.com

 

<< Back

Saudaraku, aku sayang kamu

 

“Kata orang kulit kamu oke. Ya emang bagus. Kata orang rambut kamu oke. Ya emang bagus. Kalau ada yang bilang jelek itu namnya ngiri.” Lho kok begitu masalahnya kita kan sebagai hamba Allah yang harus taat kepada Allah. Berkaitan dengan wajibnya jilbab Allah berfirman:                                                                                                                           

“ Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya  keseluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. ”                (Al Ahzab:59)

Tentang kerudung Allah berfirman: “ Janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa tampak pada dirinya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya ” (An Nuur:31)

Kalau dipikir apa iya ayatnya yang keliru. Masa’ ayat Al Qur'an keliru mewajibkan kaum muslimah pake’ jilbab, apa bukan manusianya yang error? Manusia dilahirkan kedunia dalam keadaan yang sangat lemah hanya nangis dan menangis yang dapat diperbuat. Namun tatkala beranjak dewasa, cantik parasnya, indah tubuhnya, sengaja membuka aurotnya, menampakkan lekuk-lekuk tubuhnya. Angkuh berdiri dihadapan Allah, berjalan sombong dibumi Allah. Allah maha melihat. Allah maha mengetahui. Allah berfirman:

    “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (Al Baqarah:216). Boleh jadi menurut kita tubuh kita sexy, indah, menarik dan wajar untuk disuguhkan, dinikmati dan dikagumi nilai seninya. Weleh-weleh. Apa bener Allah suka? Aduh kasihan, yang cantik saja Allah benci apalagi sudah jelek, bopeng, nggak pake’ jilbab. Tidak tunduk untuk menutup aurot dengan sempurna sesuai dengan kehendak Allah.

Sebagai hamba yang setiap hari minimal 5X mengikrarkan diri untuk taat tunduk kepada Allah, ternyata apa? Bohong belaka kepada Allah. Wahai saudara muslimahku renungkanlah, “ sesungguhnya siksa Allah pasti akan terjadi ” (Ath Thur:52).

 

Pengertian Jilbab

Jilbab dapat bermakna milhafah (baju kurung atau semacam kebaya longgar dan tidak tipis), dapat diartikan kisa’ (kain apa saja yang dapat menutupi) atau pakaian (tsawb) yang dapat menutupi seluruh bagian tubuh. Dalam kamus Ash shahhah, Al Jawhari menjelaskan bahwa Jilbab adalah kain panjang dan longgar (milhafah) yang sering disebut mula’ah (baju kurung). Dengan makna yang sama didalam kamus Al Muhith dinyatakan bahwa Jilbab itu laksana sirdab (terowongan) atau sinmar (lorong), yakni baju atau pakaian yang longgar bagi wanita selain baju kurung atau kain apa saja yang dapat menutupi pakaian kesehariannya seperti halnya baju kurung.

dong  !         Didalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Umar, Ia menuturkan  Rasulullah SAW  pernah bersabda, “Siapa saja yang mengangkat pakaiannya karena sombong, dihari kiamat nanti Allah SWT pasti tidak akan mempedulikannya. “ Ummu Salamah lalu bertanya , “Jika demikian, lantas bagaimana dengan yang dilakukan para wanita atas bagian bawah pakaian mereka? ”Nabi SAW menjawab, “Hendaklah mereka mengulurkannya sejengkal. “Ummu Salamah kembali bertanya , “Kalau begitu, kedua kaki mereka masih nampak ?” Nabi SAW kembali menjawab, “Jika demikian, hendaklah mereka mengulurkannya lagi sehasta, dan tidak menambahnya.” Dalam hadits ini sangat jelas tentang karakter jilbab yaitu harus diulurkan, tidak terpotong (tidak seperti pada gambar 03) atau dihamparkan kebawah hingga tertutup kedua kakinya.     

Jika seorang anak wanita telah mencapai usia balig, tidak pantas terlihat dari dirinya selain wajah dan kedua telapak tangannya sampai bagian pergelanganya.

(HR. Abu dawud  dari Qatadah; HR. Abu dawud dari Aisyah ra)

Allah melaknat wanita-wanita yang bertabarruj (menampakkan perhiasan, kecantikan dan lekuk-lekuk tubuhnya). Golongan wanita ahli neraka: wanita yang membuka aourotnya seraya berpakaian tipis (ketat) merangsang, berlenggak-lenggok dan banyak lagak.    

           

  ”Dunia ini perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia ialah wanita shalihah